MAJULAH INKAI

MAJULAH INKAI
Sekretariat : Jalan Raya Batulicin d/a KORAMIL 1004 - 13 Batulicin Contact Person 081251123141 (Ruspiansyah, A.Ma.Pd) / 081349639971 (Ketua Umum) -- E-mail : inkaitanahbumbu@rocketmail.com

Minggu, 21 Juli 2013

PUASA......HARUSKAH BERHENTI LATIHAN???

Marhaban yaa Ramadhan,,,,ramadhan mubarak,,,bulan seribu bulan,,,bulan penuh keberkahan dan ampunan,,,dalam Al Qur'an surat Al Baqarah ayat 183 jelas Allah SWT telah mewajibkan hamba - hamba Nya untuk menjalankan ibadah puasa ramadhan secara khusyuk dan benar.

Tetapi timbul pertanyaan dalam diri kita, apakah berpuasa otomatis menghentikan segala aktivitas kita??? Jawabannya tentu saja TIDAK!!! Malah Nabi Muhammad SAW menganjurkan ummatnya agar tetap melakukan aktivitas seperti biasa dan tidak terpengaruh dengan prinsip dan pola pikir kita sekarang yang hanya menganggap puasa hanya sekedar menahan lapar dan haus semata. Justru Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya mengatakan bahwa berpuasalah engkau, niscaya kamu sehat. Bahkan orang non muslim pun mencontoh kita dalam berpuasa.

Berpuasa ditinjau dari pengertiannya adalah menahan segala aktivitas pencernaan manusia baik makan maupun minum selama satu hari penuh. Setelah dilakukan kajian ilmiah baik oleh ahli dari muslim maupun non muslim, berpuasa mampu menetralkan racun - racun di dalam tubuh manusia dan mampu membuat manusia lebih fokus dalam melaksanakan segala kegiatan aktivitasnya. Berpuasa juga mampu memelihara kesehatan tubuh manusia dan itulah ada beberapa ahli yang sangat menganjurkan agar dalam berpuasa, segala kegiatan termasuk berolahraga tetap dilanjutkan. Mengapa demikian? Ini dikarenakan olahraga selama bulan puasa  mampu meningkatkan kekuatan fisik secara maksimal dan mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk membuang racun serta lemak didalam tubuh lebih maksimal. Jadi kalo mau sehat tetaplah berolahraga.

Lalu bagaimana dengan karateka INKAI??? Latihan karate memang sangat identik dengan latihan keras dan mengandalkan seluruh potensi dan kekuatan tubuh. Lalu bagaimana sebenarnya latihan karate yang baik disaat berpuasa? Penulis mencoba memberikan tips yang mungkin akan berguna bagi kita semua dalam menjaga teknik karate kita secara benar.

  1. Mulailah dengan pemanasan yang volumenya dikurangi sedikit. Utamakan pemanasan dengan melenturkan tubuh dan melatih pernafasan kita.
  2. Lakukan latihan teknik dasar dengan mengulang secara kontinyu, yaitu dengan melakukan gerakan ditempat, lakukan dengan durasi 10 sampai dengan 50 kali, dengan kecepatan dan power yang maksimal. lakukan cukup hanya 15 sampai 20 menit.
  3. Latihan Kata dan Kumite dengan melaksanakan latihan paling lama sekitar 15 sampai 20 menit. Selanjutnya lakukan evaluasi dan diskusi seputar latihan yang sudah dilaksanakan.
  4. Lakukan pendinginan dengan melaksanakan peregangan paling tidak selama 5 menit.
Demikian tips yang diberikan, karena karateka INKAI sejatinya memang tidak boleh mengistirahatkan diri selama berpuasa, karena berolahraga selama bulan puasa jauh lebih bermanfaat dan lebih mendatangkan manfaat positif alias maslahatnya lebih banyak daripada mudharatnya.

Jazakumullah Khairan Katsiraa,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar...